Stop Perdagangan Manusia, Akhiri Perbudakan Modern

Pernyataan Sikap KABAR BUMİ
Aksi Kampanye Global Memperingati 3 Tahun Ditangguhkannya Hukuman Marry Jane Veloso
Stop Perdagangan Manusia, Akhiri Perbudakan Modern

Tepat di hari ini 29 April, tiga tahun yang lalu dunia membuktikan bahwa persatuan dan perjuangan membela keadilan bisa terwujud. Marry Jane Veloso/MJV bisa diselamatkan didetik-detik terakhir dia akan dieksekusi. MJV adalah salah satu dari sekian banyak korban perdagangan manusia yang ditipu oleh sindikat perdagangan narkoba. Bahkan buruh migran Indonesia yang saat ini yang Juga menghadapi ancaman hukuman mati sebanyak 223 diberbagai negara dan mayoritas menjadi korban sindikat perdagangan manusia dan mayoritas di Malaysia.

Kami dari Keluarga Besar Buruh Migrant (KABARBUMI) meminta kepada pemerintah RI agar serius menghukum berat para perekrut perdagangan manusia dan juga para sindikat perdagangan narkoba, karena sampai saat ini sindikat perdagangan manusia dan narkoba dihukum sangat ringan bahkan beberapa pelaku perdagangan manusia dibebaskan. Korban perdagangan manusia terus bertambah, bahkan per bulan April 2018 sudah 25 jenazah dipulangkan dari Malaysia ke NTT. Kami meminta pada pemerintah agar para korban mendapatkan keadilan dan diberikan hak kompensasi bagi korban dan keluarga korban.

Seperti yang dialami oleh MJV, buruh migran Indonesia adalah merupakan korban kemiskinan dan tidak mampunya pemerintah menciptakan lapangan pekerjaan di tanah airnya, sehingga mereka dipaksa harus pergi ke luar negeri mencari pekerjaan untuk mempertahankan hidupnya dan keluargnya. Namun, banyak diantara mereka yang terjebak sindikat perdagangan manusia dan narkoba. Sindikat perdangangan manusia dan narkoba menggunakan berbagai macam cara/modus dengan rayuan upah yang tinggi, debt bondage (perbudakan hutang), juga melalui media sosial dengan cara dipacari dan dinikahkan dengan orang asing.

Selama kemiskinan dan tidak adanya lapangan kerja di Indonesia maka korban perdagangan manusia akan terus berjatuhan. Dalam momentum kampanye global hari ini, maka KABARBUMI mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk terus bersamacsama memperjuangkan kebebasan dan keadilan bagi MJV dan korban perdagangan manusia lainnya yang terancam hukuman mati. Pemerintah harus menghentikan monopoli dan perampasan tanah, serta menjalankan reformasi agraria sejati dan membangun industri nasional yang kuat dan mandiri untuk menciptakan lapangan pekerjaan dan mengatasi pengangguran di Indonesia. Indonesia juga harus serius memberikan perlindungan sejati, kepada buruh migran dan dengan serius menghentikan perbudakan modern.

Jakarta, 29 April 2018
Karsiwen
Ketua KABAR BUMI

Leave a Reply