Buruh Migran Indonesia Tuntut Pemerintah Malaysia Adili Pembunuh Adelina

  • Post author:
  • Post published:30 April, 2019
  • Post category:Tak Berkategori
  • Post comments:0 Comments

Buruh migran Indonesia tuntut Pemerintah Malaysia adili pembunuh Adelina

Mereka mendesak Pemerintah Malaysia membuka kembali kasus Adelina agar pelaku mendapatkan hukuman yang setimpal

Nicky Aulia Widadio   |29.04.2019
Buruh migran Indonesia tuntut Pemerintah Malaysia adili pembunuh AdelinaKeluarga Besar Buruh Migran Indonesia (Kabar Bumi) menggelar aksi demo menuntut keadilan untuk pekerja migran asal Indonesia, Adelina Sau di depan Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta pada 29 April 2019. Mereka menyerukan agar Pemerintah Malaysia membuka kembali kasus pembunuhan Adelina agar pelaku mendapat hukuman berat. (Nicky Aula Widadio – Anadolu Agency)

Jakarta Raya

Nicky Aulia Widadio

JAKARTA

Puluhan orang dari Keluarga Besar Buruh Migran Indonesia (Kabar Bumi) menggelar aksi menuntut keadilan untuk Adelina, pekerja migran asal Indonesia yang meninggal setelah disiksa majikannya di depan Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta pada Senin.

Mereka mengecam bebasnya majikan Adelina sekaligus pelaku penganiayaan, Ambika Shan dari ancaman hukuman mati.

Juru Bicara Kabar Bumi Erwiana Sulistyaningsih mengatakan kasus Adelina harus dibuka kembali dan pelaku harus mendapatkan hukuman yang setimpal.

“Ini menjadi hal yang buruk bagi kami (para pekerja migran) karena kasus seperti ini terus berulang dan tidak ada efek jera terhadap pelaku,” ujar Erwiana di Jakarta, Senin.

Mereka juga menuntut Pemerintah Malaysia membayarkan hak-hak dan kompensasi untuk keluarga Adelina.

Selain itu, mereka mendesak Pemerintah Indonesia memperjuangkan kasus Adelina agar Pengadilan Malaysia membuka kembali kasus itu.

“Kami harap Pemerintah Indonesia terus memperjuangkan sampai Adelna mendapat keadilan,” ujar dia.

Erwiana berharap pemerintah kedua negara mengakomodasi penerapan standar kontrak kerja untuk menjamin keselamatan pekerja migran.

Adelina diselamatkan dari rumah majikannya di Taman Kota Permai, Bukit Mertajam dalam keadaan lemah setelah foto yang diambil tetangga majikannya tersebar luas.

Ketika diselamatkan, Adelina ditemukan menderita luka bakar di tangan dan kakinya, wajah yang bengkak dan sekujur tubuhnya dipenuhi luka.

Dia juga terpaksa tidur di luar rumah bersama anjing. Namun, Adelina meninggal saat dirawat di Rumah Sakit Bukit Mertajam.

Kabar Bumi mencatat ada 105 pekerja migran Indonesia dari Nusa Tenggara Timur yang meninggal di luar negeri.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 95 orang meninggal di Malaysia dan mayoritas kasus tidak ditindaklanjuti secara hukum.

Website Anadolu Agency Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan melalui Sistem Penyiaran Berita AA (HAS). . Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.

Tinggalkan Balasan