Sharing virtual Bersama Mantan BMI Membangun Sumber Kehidupan di Tengah Pandemi

  • Post author:
  • Post published:20 Agustus, 2020
  • Post category:Tak Berkategori
  • Post comments:0 Comments
webminar bersama mantan BMI membangun sumber kehidupan di tengah pandemi

Sabtu, 15 Agustus 2020 pukul 20:00 – 22:00 WIB Keluarga Besar Buruh Migran Indonesia (KABAR BUMI) mengadakan webminar dengan tema “Sharing Bersama Mantan BMI Membangun Sumber Kehidupan di Tengah Pandemi”. Sharing ini merupakan pembuka dari diskusi serial yang diselenggarakan oleh KABAR BUMI rencananya akan dilaksanakan setiap dua minggu sekali. Acara diagendakan pukul 20:00, namun karena kendala teknis sehingga terlambat duapuluh menit dan selesai pukul 22:00 WIB. Acara yang dipandu oleh Sriati Wakil Ketua KABAR BUMI dan Onie KABAR BUMI Cilacap, diawali dengan perkenalan dari masing-masing pembicara dan penanggap, dilanjutkan sesi sharing pengalaman dari pembicara.

Naaza (sekretaris KABAR BUMI Pusat) menceritakan pengalamannya pertama kali membuka usaha counter, namun tidak berkembang karena kendala modal terpaksa dia harus pergi ke Hong Kong untuk menambah modal, setelah kembali ke Indonesia Naza melanjutkan usahanya.Sementara sharing yang disampaikan oleh Yayan (KABAR BUMI PONOROGO) sewaktu di Hong Kong belum berpikiran untuk membuat usaha, namun setelah pulang ke tanah air terbentur oleh kebutuhan ekonomi keluarga yang harus dipenuhi, maka Yayan membangun usaha kue-kue tradisional hingga akhirnya membuat usaha kue eggtart atau yang biasa disebut kue pie basah.

Koordinator KABAR BUMI Sumbawa NTB Marni sulastri membagikan sharing membuka usaha setelah bergabung dengan organisasi dan membuka ekonomi mandiri membuat susu kedelai segar, kemudian mengembangkan susu bubuk kedelai, dan snack dari kedelai serta beras goreng. Dari ketiga pembicara juga berbagi tips berusaha di tengah pandemic, dengan siasat pesan/jasa antar jemput dan promosi online. Pembicara juga berbagi pengalaman membagi waktu antara kerja organisasi dan kerja ekonominya. Ditengah kesibukan membuka usaha mereka juga tetap aktif di organisasi. Ada kalanya mereka harus tutup, Ketika ada kegiatan organisasi untuk memberikan saran, masukan kepada para migran dan mantan migran yang ingin membuka usaha.

Setelah semua pembicara selesai dilanjutkan oleh penanggap, Eri dari Migran Group Widoro, yang juga membuka usaha setelah pulang dari HongKong. Eri memberikan tips pemasaran dan meningkatkan skill bagi yang akan membangun usaha. Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, salah satu penanya menanyakan bagiamana kepengurusan PIRT dalam usaha, yang kemudian di tanggapi oleh Marni dan Yayan. Acara ditutup dengan photo bersama dan mengajak peserta untuk mengikuti diskusi lanjutan. Webinar ini diikuti okeh 25 peserta melalui zoom, dan disiarkan langsung melalui Fans Page Keluarga Besar Buruh Migran Indonsia (KABAR BUMI) yang ditayangkan lebih dari 3000 tayangan. Terima kasih atas partisipasi dan semua dukungan terkusus JBMI yang telah memfasilitasi webinar, sehingga acara ini bisa terselenggara dengan lancar.

Tinggalkan Balasan